Jumat, 25 Maret 2011

RANCANGAN BLOK KEBUN KELAPA SAWIT

III.  RANCANGAN BLOK KEBUN

Tanya :

3.1.  Apa yang dimaksud dengan Rancangan Blok Kebun ?

Jawab :

Yang dimaksud dengan perencanaan/rancangan blok kebun adalah untuk merancang Tata Ruang Perkebunan dimana didalamnya ditetapkan lokasi kebun Inti dan lokasi kebun Plasma, wilayah Non-Tanaman seperti lokasi Kompleks Perumahan, lokasi Pabrik dan wilayah Tanaman yang afdeling yang terbagi atas: jaringan jalan, areal pembibitan, saluran air, dan lokasi afdeling dan blok serta wilayah konservasi.

Tanya :

3.2.  Apa yang dimaksud Afdeling dan Blok  ?

Jawab :

Unit terkecil dari sebuah perkebunan disebut Blok yang ukurannya adalah 30 ha (300 m x 1000 m) .  Kumpulan dari beberapa Blok disebut Afdeling. Luas afdeling yang ideal adalah 750 Ha atau terdiri dari kumpulan 25 Blok kebun.

Luas afdeling dan blok disesuaikan dengan keadaan topografi lahan dan efisiensi pengelolaan areal yang dikaitkan dengan kemudahan perawatan tanaman dan kegiatan panen

Tanya :

3.3.  Apa yang disebut Gawangan Mati, Jalan Pikul dan Tempat
        Penumpukan Hasil (TPH) ?

Jawab :

Gawangan Mati  adalah Lorong diantara tanaman sawit  yang dimanfaatkan untuk meletakan pelepah pelepah tua yang di pangkas (pruning).

Jalan Pikul adalah lorong diantara tanaman sawit yang digunakan sebagai jalan untuk mengangkut TBS yang baru di panen menuju TPH.

TPH adalah tempat yang dibuat khusus untuk penumpukan TBS agar mudah dimuat keatas truk angkutan TBS untuk dikirim ke pabrik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar